Baja Ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional. Ada beberapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.
Baja Ringan
Baja Ringan
Sebagai contoh untuk produk structural seperti rangka atap baja ringan dengan tegangan tarik tinggi (G550). Namun untuk berbagai produk home appliances diperlukan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah (G300, G250) yang lebih lentur dan lunak sehingga lebih mudah dibentuk sesuai keinginan.
Pada umumnya, bahan baku baja ringan adalah baja mutu tinggi dengan standar high tensile strength 550 Mpa (5500 kg/cm2). Kekuatan ini merupakan elemen dasar untuk kekuatan tarik baja ringan saat ini. Dengan kekuatan minimum G550, baja ringan tersebut memiliki kekuatan leleh minimum 550 Mpa. Dibuktikan dalam uji laboratorium tidak boleh putus saat ditarik dengan kekuatan 500 Mpa. Selain itu, baja tersebut juga memiliki modulus geser 80.000 Mpa dan modulus elastisnya 200.000 Mpa.
Meskipun lebih ringan dan tipis dari baja konvensional, dengan kuat tarik sebesar 550 Mpa baja ringandapat dijadikan andalan untuk menopang beban struktur bangunan. Untuk fungsi non structural seperti penutup atap digunakan baja ringan kualitas G300.
Bagaimana dengan ketebalan baja ringan ? Dipasaran umum ketebalannya berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Variasi ketebalan ini ditentukan oleh fungsi, seberapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibanding dengan baja konvensional bertujuan untuk mengurangi beban struktur bangunan.
Kuda-kuda baja ringan mempunyai ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang beban yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 – 2,00 mm (profil C). Sedangkan untuk genteng metal ketebalannya 0,20 mm karena bisa dikatakan tidak memikul beban, dengan ketebalan tersebut sudah cukup memadai.
Baja tersusun dari besi dan karbon (Fe dan C). Apabila unsur tersebut bercampur dengan air dan udara akan timbul reaksi yang mendorong terjadinya karat. Maka baja ringan perlu dilapisi antikarat. Pengaplikasian lapisan antikarat sangat penting untuk menjaga agar material awet dan tahan lama.
Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja ringan mutu tinggi telah dikembangkan.
Jenis coating pada rangka baja ringan yang beredar dipasaran adalah Galvanized, Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan sebuah produsen mengeluarkan produk baja ringan dengan menambahkan magnesium yang kemudian dikenal dengan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari : 96% zinc, 6% alumunium, dan 3% magnesium. Tebal coating pada baja ringan dipasaran bervariasi, tergantung dari masing-masing produsen.
Yang harus diperhatikan Baja Ringan di rumah kita antara lain :

Kondisi struktur bangunan sebagai penopang rangka atap baja ringan.

Jika kondisi ring balok atau bangunan sudah terlihat tidak mampu menopang rangka atap baja ringan, sebaiknya dikonsultasikan dengan kontraktor atau pemilik bangunan apakah akan ada perkuatan struktur pada bangunan atau akan dilakukan pembongkaran

Pengecekan secara visual.

Jika terjadi lendutan / deformasi padarangka baja, sudah dipastikan rangka tersebut harus diganti. Jika terlihat adanya lapisan galvanis ataupun galvalum yang terkelupas, maka rangka tersebut pun harus diganti.

Pengecekan dengan mengelap

rangka profil yang terbakar. Jika rangka tersebut dilap dan noda hitam akibat terbakar tidak hilang, maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut yaitu uji lapisan dengan alat khusus maupun diuji di laboratorium. Pengelapan dilakukan menggunakan kain kering ataupun dengan kain yang sudah diberi solar.

Pengecekan kekenyalan

Pengecekan dilakukan dengan memegang bagian flens profil yang terbakar, apakah terasa kenyal atau getas. Jika dirasakan getas, maka profil tersebut harus diganti

Pengecekan screw

Semua screw yang terkena panas akibat kebakaran harus diperiksa. Jika ada screw yang kendur, maka harus dikencangkan atau diganti baik pada posisi yang sama ataupun dipindah titik screw nya.

Pengecekan sambungan

Sambungan yang terlihat renggang harus dikencangkan screwnya atau pun dilakukan perkuatan (tambahan profil / pendobelan) pada area sambungan.

Menanyakan lama terjadinya kebakaran

Dengan mengetahui lamanya rangka baja ringan terbakar, maka dapat diperkirakan apakah struktur tersebut berdeformasi diluar batas ataukah masih aman. Jika kebakaran lebih dari kurang lebih 10 menit, maka harus dilakukan pengecekan pada profil yang terbakar di laboratorium walaupun secara visual rangka masih terlihat kokoh.

Jenis kebakaran

Jenis kebakaran pada rangka baja tersebut apakah tersiram cairan yang mudah terbakar / cairan kimia, ataukah terbakar akibat benda Dibawahnya (plafond, bahan kayu lainnya, api dari bawah) atau dari atas (alumunium foil, atau genteng kayu). Karena jika rangka tersiram bahan cair atau bahan kimia, besar kemungkinan lapisan baja ringan akan terkelupas, maka profil atau rangka tersebut harus diganti. Secara garis besar, jika rangka baja ringan terbakar, mutlak harus dilakukan secara menyeluruh pada semua aspek yang terpasang pada rangka baja ringan tersebut.
 CARA MENENTUKAN JUMLAH SCREW PADA SAMBUNGAN (SPLICE) KUDA-KUDA
Proses menyambung atau splice pada sistem rangka atap baja ringan tentu sudah menjadi hal yang umum dilakukan mengingat panjang satu batang kuda-kuda memiliki keterbatasan.
Hal yang tidak boleh dilupakan pada proses sambungan adalah cara menyambung dan jumlah screw yang dipakai. Pada profil Z sambungan dilakukan dengan overlap pada profilnya, sehingga badan, flens atas bawah saling bertemu satu sama lain.
Untuk jumlah screw pada sambungan sudah dibahas secara garis besar pada tema perlemahan, untuk perhitungan pemakaian screw pada sambungan secara detail akan kita bahas. Untuk profil Z, panjang overlap pada sambungan di joint adalah 40 cm, sedangkan 20 cm pada daerah bukan joint.
Untuk jumlah screw pada sambungan tergantung dari out put software atau minimal screw pada sambungan adalah 3 pada flens atas, 3 pada flens bawah dan 4 pada badan profil. Mencari kebutuhan screw dapat dilihat dari gaya aksial yang bekerja, pembagi gaya yang bekerja Tergantung dari ketebalan profil. Untuk profil tebal 1 mm dibagi oleh gaya 2000 N, sedangkan untuk tebal 0,8 atau dibawahnya dibagi 1500 N.
Jika dari perhitungan didapat jumlah screw lebih kecil dari 4 maka yang dipakai adalah kebutuhan minimal jumlah screw pada badan profil yaitu 4 buah screw yang dipasang pada sambungan adalah 3 pada flens atas, 3 pada flens bawah dan 4 pada badan sambungan.
Dari awal adanya baja ringan sampai saat ini muncul beberapa kenyataan dari kelebihan dan kekurangan baja ringan
Tidak menghilangkan kelebihan yang dimiliki baja ringan, kita sebagai pengguna baja ringan juga perlu waspada terhadap kekurangan pemasangan baja ringan. Beberapa kelemahan-kelemahan yang sering terjadi pada rangka atap baja ringan antara lain sebagai berikut:
Perlemahan terjadi pada sambungan rangka atap baja ringan yaitu pada screw. Pada waktu penyambungan antara truss satu dengan truss yang lain pemasangan screw harus benar-benar kuat yang berarti tidak boleh kendor, tidak boleh berputar terus-apabila berputar terus berarti drat screw baja ringan sudah rusak. Untuk idealnya pemakaian screw pada rangka atap baja ringan hanya sekali pengeboran. Untuk pemakain yang berulang tidak disarankan sebab kualitas screw sudah berkurang dan pengeboran jadi makin lama (screw sudah tidak tajam lagi). Pemakaian screw diharuskan memakai self drilling screw.
Jumlah screw minimal yang terdapat pada joint sambungan/splicing (profil C : 6 pada flens atas dan 6 pada flens bawah, profil Z : 3 pada flens atas-3 pada flens bawah dan 4 pada badan profil atau menyesuaikan hasil output software perhitungan). Jumlah screw pada persambungan joint truss baja ringan (Top Chord dengan Bottom Chord, Top Chord dengan Web, Bottom Chord dengan Web) minimal 3 buah screw atau menyesuaikan hasil
 PERLEMAHAN SYSTEM RANGKA ATAP BAJA RINGAN
output software perhitungan. Kenapa minimal 3 buah screw? Karena apabila terjadi kegagalan pada satu screw, masih bisa dibebankan ke screw yang lain. Jumlah screw pada joint reng disarankan perjoint adalah 2 bh agar reng lebih kuat dan tidak melintir bila terinjak.
Posisi screw pada joint & sambungan truss baja ringan juga berpengaruh terhadap kuat atau tidaknya sambungan baja ringan tersebut. Posisi screw harus sesuai dengan desain software yang telah disarankan untuk menghindari batang truss baja ringan agar tidak melintir. Posisi screw harus posisi yang saling mengunci pada tiap sisi pertemuan joint.
Pemotongan batang truss pada area joint sambungan rangka atap kuda-kuda baja ringan juga berpengaruh terhadap kekuatan kuda-kuda baja ringan. Apabila pemotongan melebihi yang seharusnya maka akan terjadi perlemahan pada batang truss baja ringan tersebut dan efeknya truss tersebut dapat patah atau bengkok. Untuk menghindari hal tersebut pemotongan batang truss harus sesuai dengan desain yang disarankan.
5 5. Keberadaan pengaku datar pada rangka kuda-kuda baja ringan tidak dapat disepelekan, apabila reng pengaku datar dipasang maka kuda-kuda baja ringan jadi lebih kaku dan rangka kuda-kuda baja ringan tidak bergeser
Bracing silang dalam kuda-kuda baja ringan diperlukan untuk memperkuat kuda-kuda tersebut sehingga kuda-kuda posisinya lurus vertical atau tidak miring. Apabila posisi kuda-kuda baja ringan miring maka kuda-kuda tersebut dapat menyebabkan rangka atap miring/roboh. Bracing silang juga berfungsi untuk menyalurkan beban yang bekerja ke ring balok. Beberapa hal diatas adalah perlemahan-perlemahan yang sering terjadi pada pemasangan rangka atap  baik itu galvalume/zincalume ataupun galvanis. Dengan menghindari perlemahan-perlemahan diatas maka kegagalan pemasangan rangka atap baja ringan dapat dihindari.
Posisi tumpuan kuda-kuda harus water level, hal ini dikarenakan semua beban kuda-kuda menumpu pada titik tersebut, sehingga tumpuan harus pada posisi yang baik.

 HARGA BAJA RINGAN

Harga baja ringan bermacam macam merk berbeda, sedangkan harga baja ringan merk Bang Baja sangat kompetitif dan bisa di bandingkan dengan kompetitor lain, silakan cek HARGA BAJA RINGAN di website ini.
Kenapa Harga Baja Ringan Bang Baja lebih murah di bandingkan dengan merk baja ringan lainnya, karna kami adalah pabrikasi langsung atau produsen pembuat Baja Ringan yang sudah terkenal di Indonesia.

Produsen Baja Ringan

Produsen dalam ekonomi adalah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan. Orang yang memakai atau memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebetuhan adalah konsumen.
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi.
Jadi arti kata PRODUSEN BAJA RINGAN adalah orang atau perusahaan yang memproduksi baja ringan sendiri, kemudian di jual melalui distributor atau toko toko bahan bangunan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Distributor Baja Ringan

Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran.Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Seorang atau sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer). Setelah suatu produk dihasilkan oleh pabrik, produk tersebut dikirimkan (dan biasanya juga sekaligus dijual) ke suatu distributor. Distributor tersebut kemudian menjual produk tersebut ke pengecer atau pelanggan.
Tiga aspek lainnya dari bauran pemasaran adalah manajemen produk, harga, dan promosi.
Tugas Distributor
membeli barang dan jasa dari produsen atau pedagang yang lebih besar
mengklasifikasi barang atau memilahnya sesuai dengan jenis, ukuran, dan kualitasnya
memperkenalkan barang atau jasa yang diperdagangkan kepada konsumen, misalnya dengan reklame atau iklan
Jadi arti kata Distributor Baja Ringan adalah Perusahaan yang menjual Baja Ringan dari Produsen  dengan berbagi keuntungan yang sudah di musyawarahkan terlebih dahulu

Toko Baja Ringan

Pengetian Toko adalah penjual yang memasarkannya di sebuah rumah, rumah ini di desain hanya untuk berjualan tidak untuk rumah tinggal, sedangkan Toko Baja Ringan adalah penjual yang memasarkan baja ringan di rumah yang hanya di jual Baja Ringan saja, atau ada juga produk produk lainnya untuk mendukung pemasangan

Kanopi Baja Ringan

Kanopi mempunyai beberapa pengertian, menurut kamus besar Bahasa Indonesia Kanopi sendiri mempunya arti tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam, besi dan sebagainya dan pada teras terdapat — bertiang sebagai pemisah halaman dengan bagian luar rumah ataupun suatu bangunan. Di negara-negara Eropa, tepatnya pada abad pertengahan menjelaskan jika kanopi dalam Bahasa Prancis berarti Canope serta dalam Bahasa Latin berarti Canopeum mempunyai arti serta erat kaitannya dengan tempat tidur bertiang empat dengan tirai atau kain yang menutupi bagian atas serta samping.
Selain beberapa pengertian tersebut, dalam dunia Biologi kanopi merupakan suatu kumpulan tajuk (kesatuan tajuk) atas hutan dengan rata-rata ketinggian 25-30 meter dan tumbuhnya rapat sehingga tajuknya saling bertautan membentuk kesinambungan dan menjadi atap hutan. Keberadaan kanopi sebagai atap hutan tersebut menjadikan kondisi sejuk dan teduh tanpa sinar matahari.
Berdasarkan beberapa pengertian diatas, istilah kanopi juga digunakan dalam dunia arsitektur, dimana kanopi merupakan sejenis atap yang dibuat untuk melindungi bagian luar rumah maupun beberapa bangunan yang lain seperti ruko dari panas matahari dan terpaan hujan. Dewasa ini kanopi mengalami perkembangan yang luar biasa , dimana kanopi bisa diaplikasikan pada jenis-jenis bangunan selain rumah seperti digunakan pada bagian garasi mobil dan balkon rumah, kantor dan bangunan lainnya.
Fungsi utama suatu kanopi baja ringan berdasarkan penjelasan diatas adalah untuk melindungi penghuni maupun bagian luar suatu rumah atau bangunan yang lain dari sinar matahari atau terpaan hujan, namun selaiun fungsi utama tersebut, kanopi juga mempunyai fungsi dan kegunaan yang tidak kalah pentingnya, diantarannya:
memberikan perlindungan bagi penghuni rumah dari benda-benda yang jatuh dari atas serta mampu memberikan privasi bagi penggunannya
canopy mampu dan memberikan nilai dekoratif tambahan pada bangunan. Nilai dekoratif disini maksudnbya adalah kanopi mampu menambah keindahan desain atau tampak dari suatu rumah atau bangunan
Demikianlah informasi tentang Baja Ringan semoga bermanfaat
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: